Tuesday, April 10, 2012

Las GMAW


Las GMAW

Proses pengelasan digunakan untuk menggabungkan setiap komponen alat pembagi gas dengan konstruksi kerangka utama. Dimana dengan proses pengelasan ini akan dihasilkan konstruksi alat yang kokoh dan rapi.

Di dalam menentukan jenis proses pengelasan yang akan digunakan, hal yang perlu diperhatikan adalah kekuatan pengelasan, hasil pengelasan dan kualitas pengelasan . Diantara jenis-jenis proses pengelasan yang ada maka dipilihlah proses pengelasan dengan GMAW yang dikombinasi dengan SMAW. Beberapa keuntungan menggunakan proses pengelasan GMAW diantaranya


Proses GMAW menghasilkan pengelasan bermutu/kwalitas tinggi pada bahan-bahan ferrous dan non ferrous.

·         Daya lebur tinggi
·         Kecepatan pengelasan yang tinggi
·         Penyusutan dan regangan kecil
·         Efisiensi kerja yang tinggi
·         Dapat digunakan disemua posisi
·         Tidak menghasilkan terak selama pengelasan
·         Mempunyai kualitas yang tinggi

GMAW adalah singkatan dari Gas Metal Arc Welding yang merupakan proses pengelasan dengan menggunakan sumber panas dari elektrik dengan menggunakan kawat elektroda consumable berpelindung gas. Gas pelindung yang dipakai berfungsi untuk melindungi cairan pengelasan terhadap udara luar pada saat pengelasan berlangsung. Metode pengelasan MAG menggunakan gas active yaitu selain berfungsi untuk melindungi daerah pengelasan gas juga ikut melebur dengan benda kerja saat proses pengelasan berlangsung. Gas active tersebut antara lain :

·         Argon + CO2 + O2
·         Argon + CO2
·         CO2

Untuk mendapatkan hasil pengelasan yang baik, maka kami menggunakan gas pelindung Argon + CO2. Gas pelindung ini biasa digunakan karena dari sisi harga tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan jenis gas pelindung yang pertama.

Sedngkan SMAW adalah proses las busur paling sederhana dan paling serba guna. Karena sederhana dan mudah dalam mengangkut peralatan dan perlengkapannya, membuat proses SMAW ini mempunyai aplikasi luas mulai dari refinery piping hingga pipelines, dan bahkan untuk pengelasan di bawah laut guna memperbaiki struktur anjungan lepas pantai.

SMAW bisa dilakukan pada berbagai posisi atau lokasi yang bisa dijangkau dengan sebatang elektroda. Sambungan-sambungan pada daerah dimana pandangan mata terbatas masih bisa di las dengan cara membengkokkan elektroda. Keuntungan secara singkat sebagai berikut:

·         Dapat dilakukan pada semua posisi pengelasan
·         Cocok untuk dilakukan di lapangan
·         Peralatan dan perlengkapan yang murah dan gampang didapat
·         Bisa dipakai pada material yang berkarat (terlebih dahulu dibersihkan)

1 comments:

  1. Pintar Dan Bijak: Las Gmaw >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pintar Dan Bijak: Las Gmaw >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pintar Dan Bijak: Las Gmaw >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete