Sunday, April 15, 2012

ASME IX

selamatmalam menjelang tidur,,, :)

dipostingan kali ini gw mw nyoba nerangin sedikit ilmu yang berhubungan dengan bidang yang gw pelajari sekarang yaitu welding insustri. salah satu nya ialah tentang ASME IX , apa itu ASME IX  nanti akan dijelasin penjelasan dan tujuannya di bawah. sedikit gambaran, ASME IX  itu adalah suatu parameter atau standar  yang penting sekali dalam bidang welding ini. so' cek it dot..

disini gw jelasin ga asal japlak ngarang gw sendiri,,gw jelasin sesuai sumber dan gw kasih tranlist nyah,,bahasa inggris bersumber dari standar dan bahasa indonesia adalah penjelasan maskud dan tujuan nya.

"Asme boiler and pressure vessel code, section IX adalah dokumen yang tidak mudah untuk digunakan. Saya telah bekerja dengan section IX selama hampir 40 tahun dan telah bergabung dengan komite sction IX (section IX subcommittee (SCIX) selama 30 tahun. Saya telah banyak mendapatkan pelajaran bagus tentang sulitnya penggunaan section IX dari beberapa masalah dan pertanyaan yang terkirim kepada SCIX  dan juga selama beberapa tahun memberikan instruksi kepada pengguna kode.
Saya selalu empati kepada pengguna kode. Kode bukanlah sebuah buku pedoman “bagaimana untuk (how to)” tapi suatu aturan minimum untuk kualifikasi dari welder dan prosedur-prosedurnya. Code tidak menyebut atau berisi semua aspek dari aktivitas konstruksi. Code membolehkan pengguna kode fleksibel dalam mengontrol kualifikasi, dan maka dari itu kode atau aturan –aturan diperkenalkan dalam gaya,bahasa atau cara yang umum.
Saya selalu ingin menulis tentang section IX ini. Selama berada di subcommittee IX lebih lama dari yang lainnya, saya paksakan untuk menulis sebuah buku, dalam bagian, untuk menjaga sejarah pandangan dari section IX. Tapi saya juga ingin menulis buku untuk banyak pengguna kode yang belum mendapatkan kesempatan untuk menghadiri dan mendapat manfaat dari pertemuan subcommittee IX selama 30 tahun ini. Saya rasa  sayan bisa memberikan kepada pengguna basic untuk mendengarkan pengertian bagaimana menggunakan section IX ini.
Banyak pengguna kode dengan macam-macam keahliannya dan telah bersungguh sungguh membenahi untuk melakukan semuanya dengan benar. Section IX adalah salah satu dari banyaknya aturan dalam kertas kerja dimana harus berintregasi dengan keahlian mereka. Saya sudah mempersiapkan buku ini untuk para pengguna yang spealisasinya bukan dalam pengelasan(welding). Saya harap buku ini memberikan secara jelas dan ringkas jadi para pengguna dapat menggunakan dengan basic welding mereka dengan mudah. Buku ini juga secara detail dan berinterpretansi secara jelas dari setiap pengalaman pengguna kode."
Michael  J.Houle
 
Introduction
Section IX to the ASME Boiler and Pressure Vessel  Code is a standard, prepared by America of mechanical engineers (ASME) bolier and pressure vessel committe. ASME standards have been adopted as law by most states, provinces, some cities, and by company policy, which makes it mandatory for these standards to be followed in the fabrication and repair of pressure retaining items.
Standar asme boiler dan bejana tekan seksi IX yang dibuat oleh komite asme boiler dan bejana tekan. Asme standar telah mengadopsi dan menyetujui dari banyak Negara, provinsi, beberapa kota dan perusahaan, dimana pembuatan standar ini diperintahkan untuk diikuti dalam kegiatan fabrikasi dan repair produk bertekanan.
Section IX specifies the requirements for the qualification of welders and the welding procedure specification employed when welding in accordance with the asme boiler and pressure code, and the asme B31 code for pressure piping.
Seksi IX menetapkan syarat-syarat untuk kualifikasi welder dan pengerjaan WPS dimana pengelasan mengikuti dengan asme boiler dan pressure kode, dan asme B31 code untuk pipa bertekanan.
Qualification of welders and the welding procedure specifications they will use in code construction involves a great many factors that are difficult to outline in a code or standard. Tha Casti guide book pressure vessel code section IX welding and brazing qualifications.
Pengkualifikasian dari welder dan wps yang mereka gunakan dalam kode kontruksi melibatkan banyak factor membuat kesulitan dalam penguraian code atau standard. The casti guide book untuk asme section IX welding qualification adalah guide atau panduan untuk keperluan penggunaan dari asme boiler dan pressure vessel code section IX welding ang brazing qualification.
Note: the preface of section ix contains an informative historical perspective on the development of current code rules.
Catatan: pendahuluan dari seksion IX berisi informasi pandangan sejarah dalam perkembangan zaman tentang peraturan code.
There are three steps involved in qualifying welders and welding procedure specifications for code construction.
Ada tiga tahap dalam mengkualifikasi welder dan wps untuk code construction.
1.       The first step requires the code user to prepare welding procedure specification (wps). The wps must contain the minimum requirements that are specified by the reference code. The wps is intended to provide guidance for welding by specifying ranges for each variable. The wps must be supported by a procedure qualification record (pqr). See the second step and chapter 6.

Tahap pertama mewajibkan pengguna kode untuk mempersiapkan welding procedure specification (wps). Wps harus berisi persyaratan minimal yang telah ditetapkan referensi kode. Wps adalah bertujuan untuk memberikan range(jarak) spesifikasi pengelasan untuk beberapa variable. Wps harus didukung oleh procedure qualification record (pqr). Lihat tahap kedua dan bagian 6.

2.       The second step requires the code user to qualify the wps by welding procedure qualification test coupons. The code user must record the variables and tests used, and must certify the tests and test results on a pqr. See chapter 7

Tahap kedua menentukan pengguan kode untuk mengkualifikasi sebuah wps dari test kupon (tes sampel material) dari wps tersebut. Pengguna kode harus merecord variable dan pemakaian tes dan harus mensertifikasi test tersebut dan hasil tes tersebut tercantum dalam PQR. Lihat bagian 7.

3.       The third step requires the code user to qualiy the performance of the welders by welding performance qualification test coupons. The code user must record the variables and tests used, specify the variable ranges qualified, and must certify the tests and tests results in welders performance qualification (WPQ) record. See chapter 10.

Tahap ke tiga menentukan pengguna kode untuk mengkualifikasi performa welder dari pengelasan test kupon. Pengguna kode harus merecord variable dan tes yang digunakan, spesifikasi range variable dan harus mensertifikasi tes dan hasil tes welder performance qualification record (wpq). Lihat bagian 10

The majority of the rules in section ix involve one of these three documents, the wps, pqr or wpq. The authors have found the biggest source of confusion with section ix, is the mixing of the rules between these three documents. This guide uses of four column tables to outline how each topic, example, or application applies to the wps, pqr or wpq. See table 1.1. a given topic, example, or application may apply to all three documents, while others may only apply to one or two of the documents. The user od this guide is advised to review and understand each of these documents, and always keep in mind which document is being addressed. See table 1.2 for an overview of each of these three documents, and how they apply to a welding application.
Sebagian besar dari peraturan dalam seksion IX ini berhubungan dengan tiga dokumen ini, WPS, PQR atau WPQ. Penulis telah menemukan permasalahan terbesar yang membuat kebingungan terhadap seksi Sembilan ini, adalah bercampurnya kode2 atau aturan diantara ketiga document ini. Buku panduan ini menggunakan 4 tabel kolom untuk menjelaskan  topic ini, dengan contohnya atau penggunaan aplikasi dari ketiga dokumen tersebut yaitu wps, pqr, atau wpq. Lihat table 1.1. pemberian topic, contoh atau aplikasi yang menggunakan semua ketiga dokumen ini, dimana mungkin ada yang hanya menggunakan satu atau 2 dokumen saja. Pengguna dari buku panduan ini menjelaskan dalam hal pemeriksaan (review) dan pengertian dari ketiga dokumen ini dan selalu mengingatkn dimana dokumen ini di gunakan/ditempatkan. 



 casti guide book to asme ix - welding qualification


2 comments:

  1. Bagus sekali konten nya pak.. kalau ada konten subtitle indonesia standard yg lain, mohon di share juga ya pak..

    ReplyDelete
  2. Pintar Dan Bijak: Asme Ix >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pintar Dan Bijak: Asme Ix >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pintar Dan Bijak: Asme Ix >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete